Selasa, 14 Januari 2020

REFLEKSI PERKULIAHAN PROF MARSIGIT:Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA

Assalamualaikum, wr.wb
Ainun Mahfuzah
19706261011
S3 Pendidikan Dasar
Memahami contoh yang diberikan oleh Prof tentang pembagian,saya merasa mudah sekali memahaminya, hal ini jika diaplikasikan untuk pembelajaran matematika sekolah dasar yg bersifat abstrak namun cara berpikir siswa masih membutuhkan hal yang konkret maka dapat diterapkan pendekatan matematika realistik, seperti salah satu buku Prof. yg berjudul Matematika Untuk Sekolah Dasar Realistik Reflektif.
Selain mencoba memahami dan menghubungkan dengan konteks pembelajaran di Sekolah Dasar, saya juga mencoba menghubungkan dengan konteks kehidupan. Ketika seorang ayah memiliki uang 12 juta dan membagikan nya kepada 3 orang anak nya, anak pertama yang sedang kuliah s2 di luar pulau mendapat jatah belanja 6 juta, anak kedua yang sedang kuliah s1 di 3 universitas swasta sebanyak 5 juta, dan anak ketiga yang masih sekolah SMA mendapat jatah 1 juta perbulannya. Jika dilihat dari angka yang dibagikan itu bukan lah pembagian yang adil, tetapi ketika yang dilihat adalah tingkatan sekolah anak-anak tersebut maka hal itu merupakan hal yang adil. Jadi tidak selalu bahwa 12.000.000 : 4 = 3.000.000.


Referensi dari blog Prof Marsigit yang sangat menginspiratif dan membuka wawasan. https://powermathematics.blogspot.com/2017/09/filsafat-pembagian.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REFLEKSI PERKULIAHAN PROF MARSIGIT:Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA

Assalamualaikum, wr.wb Ainun Mahfuzah 19706261011 S3 Pendidikan Dasar Memahami contoh yang diberikan oleh Prof tentang pembagian,saya merasa...